Pemerintah Pastikan Tutup Rekrutmen CPNS Melalui Jalur Khusus Untuk Honorer

IndonesianNewspaper.com, Jakarta - Pemerinta akhirnya memastikan menutup rekrutmen CPNS dari jalur khusus untuk honorer K2 (kategori dua) maupun non kategori. Kedepannya pemerintah hanya akan membuka rekrutmen CPNS dari jalur umum saja.

"Ke depan, tidak ada lagi penerimaan honorer (K2 maupun non K) sebagai PNS. Semuanya menggunakan jalur umum," kata Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana kepada awak media, Senin (4/2/2019).

Menurut Bima, dengan kesempatan tersebut, pemerintah sudah melakukan tanggungjawabnya menyelesaikan masalah honorer K2. Untuk selanjutnya proses rekrutmen CPNS mengacu pada PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS. Di mana batasan usia maksimal 35 tahun.

Rekrutmen CPNS dari jalur honorer K2, lanjutnya, terakhir tahun lalu. Dalam rekrutmen CPNS 2018, pemerintah menyiapkan 13 ribu lebih untuk honorer K2. Namun, yang mendaftar hanya 8 ribuan dan akhirnya lolos 6 ribuan.

Terhadap nasib honorer K2 maupun non kategori yang ingin mengikuti seleksi CPNS, Bima melanjutkan, harus memenuhi aturan PP 11/2017. Artinya, bagi yang memenuhi syarat dipersilakan mengikuti rekrutmen jalur umum.

"Jadi ya ikut bersaing dengan pelamar umum lainnya. Kalau jalur khusus sudah terakhir tahun lalu," tegasnya.

Meski begitu, bagi honorer K2 maupun non kategori yang ingin jadi aparatur sipil negara (ASN) bisa lewat PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja). Tahun ini pemerintah masih memberikan afirmasi untuk rekrutmen PPPK dari honorer K2.

(Roel)


Related Posts :

loading...

0 Response to "Pemerintah Pastikan Tutup Rekrutmen CPNS Melalui Jalur Khusus Untuk Honorer"

Posting Komentar