PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork
PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

MISSION HMI



Mission berasal dari bahasa inggris yang berarti tugas dan tanggung jawab sedangkan HMI merupakan salah satu sebuah organisasi islam yang tertua dan terbesar di Indonesia yang didirikan karena kurangnya kesadaran atas kondisi Islam dan Indonesia pada waktu itu , sehingga mission HMI dapat diartikan sebagai tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan sebagai kader HMI. Sejak awal berdirinya, HMI mempunyai tujuan yang tersurat dalam pasal 4 AD HMI yang berbunyi “Terbinanya insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernapaskan islam dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhai ALLAH SWT”.

Kemudian dari tujuan tersebut dapat dirumuskan 5 kualitas insan cita yang merupakan cita-cita HMI agar  terwujudnya pribadi yang beriman dan berilmu pengetahuan sehingga mampu melaksanakan tugas kerja kemanusiaan. Berikut  5 kualitas insan cita tersebut, pertama kualitas insan cita akademis artinya kader-kader HMI harus berpendidikan tinggi, berpengetahuan luas, berpikir rasional, obyektif, memiliki kemampuan teoritis, kritis, dan sanggup bekerja secara bertahap, teratur, dan mengarah pada tujuannya.

 Kedua, Kualitas Insan Cita Pencipta artinya kader-kader HMI harus mampu menciptakan hal-hal yang baru, memiliki kemauan untuk mencari perbaikan dan pembaharuan, bersifat independen dan terbuka, dan memiliki sebuah kekreatifan yang dapat berkembang dan menentukan bentuk-bentuk yang indah. Ketiga, Kualtias Insan Cita pengabdi artinya seorang kader HMI harus iklas dan sanggup berkarya demi kepentingan orang banyak dan bersungguh-sungguh dalam mewujudkan cita-citanya dan iklas mengamalkan ilmunya untuk kepentngan sesama.

Keempat, kualitas insan cita yang bernapaskan Islam artinya islamlah yang menjadi pedoman para kader HMI dalam berkarya sehingga terbentuk pribadi yang utuh sebagai warga negara dan sebagai umat muslim. Kelima, kualitas insan cita bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhai ALLAH SWT artinya kader-kader HMI harus memiliki rasa tanggung jawab dan takwa kepada ALLAH SWT, berwatak, jauh dari sikap apatis, dan percaya diri dan sadar akan kedudukannya dalam melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan. Keseluruh 5 kualitas insan cita tersebut haruslah melekat dalam diri para kader HMI.

Keberadaan HMI adalah keberadaan manifestasi atas gerakan intelektual, moral, spritual di Indonesia. Namun, sangat disayangkan secara perlahan HMI mengalami kemunduran dikarenakan gejolak-gejolak yang menyerang sehingga tidak dikenal masyarakat. Maka dari itu, agar HMI tidak semakin mundur setiap anggota HMI berkewajiban berusaha untuk mendekatkan dirinya kepada 5 kualitas insan cita HMI seperti yang diatas. Bukan hanya para kadernya saja, melainkan HMI harus juga harus melakukan beberapa hal, pertama yaitu HMI harus memberikan pimpinan-pimpinan, bimbingan yang kondusif untuk perkembangan potensi kualitas setiap kader HMI dengan memberikan fasilitas-fasilitas dan kesempatan-kesempatan. Selain itu, HMI juga harus mampu merumuskan metodologi gerakan yang relevan sehingga efektif.

Bukan hanya itu untuk dapat membumikan ide dan ruh perjuangan HMI, maka  HMI harus diartikulasikan ulang melalui objektifikasi. Dan yang terakhir HMI harus tetap  bersikap terbuka dan mengkritik. Maka dengan itulah HMI tetap sebagai agent of change dan agent of social control. Satu hal yang perlu diketahui, HMI bukanlah partai politik, juga bukan LSM oleh karena itu dalam setiap aktivitas berpikir serta gerakannya HMI harus meletakkan perkaderan dan perjuangan tetap sebagai misinya, sebagai fungsi dan perannya, dan sebagai jiwa gerakan.

Jelaslah bahwa mission HMI merupakan sebuah tanggung jawab yang wajib dilaksanakan seluruh kader-kader HMI agar terwujudnya tujuan dan 5 kualitas insan cita yang berpikiran luas, bersikap terbuka, sadar apa yang menjadi cita-citanya dan memiliki kepribadian adil dan jujur tidak takabur kepada ALLAH SWT. Mari satukan hati, pikiran dan tindakan jangan sampai HMI mengalami kemunduran karena gejolak menyerang HMI harus mampu menetaskan kader-kader yang berkualitas insan cita sebagaimana yang terdapat dalam tujuan HMI.

Bahagia HMI, Jayalah Kohati , Yakin Usaha Sampai.
Loading...

Related Posts :

loading...

0 Response to "MISSION HMI"

Posting Komentar